ABSTRAK
Ali Nuru Sobahi.”Pengaruh
Kompetensi Guru dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi
Kasus MI Hudatul Khairiyah Jakarta Timur) . Tesis.
Program Pascasarjana Universitas Islam Jakarta, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
memperoleh informasi mengenai: (1) Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar
siswa,
(2) Pengaruh perhatian orang tua
terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) Pengaruh Kompetensi
Guru dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa.
Penelitian ini dilakukan di MI Hudatul
Khairiyah Kecamatan Kramatjati Kota Jakarta Timur selama kurang lebih lima bulan.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode survey dan observasi.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah para siswa di MI Hudatul Khairiyah
Kramatjati Jakarta Timur, yang berjumlah 209 siswa, sedangkan sampel yang
diambil berjumlah 40 orang reponden dengan menggunakan sampel jenuh
yaitu seluruh siswa kelas V.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data Kompetensi Guru (X1)
dan Perhatian Orang Tua (X2) adalah angket model skala Empat (Likert).
Validitas ketiga instrumen tersebut diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas
instrumen dihitung dengan rumus Alpha
Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel prestasi belajar adalah sebesar r11
= 0.963, hasil uji coba untuk variabel kompetensi guru adalah sebesar r11 =
0.765 dan hasil uji coba untuk variabel perhatian orang tua adalah sebesar r11
= 0.813.
Analisis data penelitian dilakukan dengan
perhitungan regresi linear sederhana, korelasi, determinasi dan regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan:
Pertama, Terdapat pengaruh kompetensi
guru terhadap prestasi siswa dengan persamaan regresi : Ŷ = 19,294 + 0.649 X1. Hal tersebut dapat ditunjukkan
dengan F hitung = 86.16 > dari F tabel = 3.94 pada taraf signifikan 5%.,
dengan koefisien korelasi (ry1) = 0.833 dan koefisien determinasi = 69.40%,
artinya variabel prestasi belajar siswa bisa dijelaskan oleh variabel kompetensi guru,
sedangkan sisanya 30,60 % dijelaskan oleh faktor lain.
Kedua, Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar
siswa. dengan persamaan regresi : Ŷ = 23.464 + 0.711 X2. Hal tersebut dapat ditunjukkan
dengan F hitung = 69,354 > dari F tabel = 1.66 pada taraf signifikan 5%.,
dengan koefisien korelasi (ry2) = 0.804 dan koefisien determinasi = 64,60%, Artinya 64.60%
variabel prestasi belajar siswa bisa dijelaskan oleh variabel perhatian orang
tua, sedangkan sisanya 35,40% dijelaskan oleh faktor lain.
Ketiga, Terdapat pengaruh kompetensi guru dan perhatian
orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan persamaan
regresi : Ŷ= 26.697 + 0.515X1 +
0.067X2. Hal
tersebut dapat ditunjukkan dengan F
hitung = 49.044 > dari F tabel = 0.886 pada taraf signifikan 5%., dengan
koefisien korelasi (Ry12) = 0.728 dan koefisien determinasi (R2y.12)
=0.852 Artinya 85,20% variabel prestasi belajar bisa dijelaskan oleh
variabel kompetensi guru dan perhatian orang tua. Sisanya 14,80% dijelaskan
oleh faktor lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar